RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 1,2,3
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Kegiatan
Standar Kompetensi : Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng.
Kompetensi Dasar : Menyebutkan isi dongeng.
Indikator : Mampu
1. Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng.
2. Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
3. Memberikan tanggapan.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu :
• Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng.
• Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
• Memberikan tanggapan.
II. Materi Ajar
Dongeng.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Latihan dan penugasan
• Diskusi kelompok
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Guru mengkondisikan kelas.
• Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
• Guru mengabsen ssiwa.
• Guru membuka ingatan siswa tentang dongeng yang pernah dipelajari sebelumnya dan menghubungkannya dengan pelajaran sekarang.
• Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
B. Kegiatan Inti
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang dongeng yang pernah didengarkan anak.
• Siswa mendengarkan pembacaan dongeng.
• Siswa menjawab pertanyaan tentang isi dongeng yang didengar.
• Mendiskusikan jawaban siswa yang salah.
• Siswa menirukan gerak-gerik tokoh dalam dongeng.
• Siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi dalam buku siswa.
C. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Bernyanyi bersama.
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V. Sumber/Alat/Bahan
• Dongeng.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng. a. Semua benar (3) b. Sebagian besar benar (2) c. Sebagian kecil benar (1) | 5 | |
| 2. | Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri a. Sesuai dengan cerita (3) b. Kurang sesuai dengan cerita (2) c. Tidak sesuai dengan cerita (1) | 5 | |
| 3. | Memberikan tanggapan a. Tepat (3) b. Kurang tepat (2) c. Tidak tepat (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 3 (3 X 5) = 45
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 4,5,6
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Kegiatan
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng.
Kompetensi Dasar : Memerankan tokoh dongeng.
Indikator : Mampu
1. Membaca dongeng dalam hati.
2. Bermain peran dengan percaya diri sesuai dengan tokoh yang dibawakan.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu :
• Membaca dalam hati dongeng.
• Bermain peran dengan percaya diri sesuai dengan tokoh yang dibawakan.
II. Materi Ajar
Dongeng.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Latihan dan penugasan
• Bermain peran
• Simak ulang ucap
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Guru mengkondisikan kelas.
• Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
• Guru mengabsen ssiwa.
• Guru membuka ingatan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan menghubungkannya dengan pelajaran sekarang.
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengalaman bermain drama.
• Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
B. Kegiatan Inti
• Siswa menceritakan pengalaman bermain drama.
• Siswa membaca dalam hati dongeng.
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang cerita dongeng.
• Guru dan siswa tertanya jawab tentang hal-hal yang perlu diperhatikan ketika bermain drama.
• Siswa menirukan gerakan-gerakan dan ucapan tokoh dalam dongeng.
• Siswa membuat kreasi.
• Guru memberikan pekerjaan rumah berupa tugas.
• Siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi dalam buku siswa.
C. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Bernyanyi bersama.
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V. Sumber/Alat/Bahan
• Dongeng.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Membaca dongeng dalam hati. a. Paham (3) b. Kurang paham (2) c. Tidak paham (1) | 5 | |
| 2. | Bermain peran dengan percaya diri sesuai dengan tokoh yang dibawakan. a. Baik (3) b. Kurang baik (2) c. Tidak baik (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 2 (3 X 5) = 30
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 7,8,9
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Kegiatan
Standar Kompetensi : Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng.
Kompetensi Dasar : Menyebutkan isi dongeng.
Indikator : Mampu
- Melafalkan konsonan rangkap dengan tepat.
- Membaca kalimat dengan lafal yang benar.
- Menebak alat musik.
- Mengenal 26 huruf.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu
• Melafalkan konsonan rangkap dengan tepat.
• Membaca kalimat dengan lafal yang benar.
• Menebak alat musik.
• Mengenal 26 huruf
II. Materi Ajar
• Huruf vokal dan konsonan.
• Macam-macam alat musik.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Latihan dan penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Guru mengkondisikan kelas.
• Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
• Guru mengabsen siswa.
• Guru membuka ingatan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan menghubungkannya dengan pelajaran sekarang.
• Guru memberikan apersepsi tentang huruf konsonan yang pernah dipelajari.
• Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
B. Kegiatan Inti
• Guru memperkenalkan konsonan rangkap (sy, kh, kr, pr, dan lain-lain).
• Guru memberi contoh cara membaca konsonan rangkap dengan variasi bunyi vocal, sedangkan siswa menirukan dan membaca sendiri.
• Guru memberikan latihan sesuai dengan instruksi yang ada pada buku siswa.
• Siswa menebak alat musik.
• Siswa mempelajari huruf vokal dan konsonan.
C. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Bernyanyi bersama.
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam
V. Sumber/Alat/Bahan
• Huruf vokal dan konsonan.
• Macam-macam alat musik.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Melafalkan konsonan rangkap dengan tepat a. Tepat (3) b. Kurang tepat c. Tidak tepat | 5 | |
| 2. | Membaca kalimat dengan lafal yang benar a. Benar (3) b. Kurang benar (2) c. Tidak benar (1) | 5 | |
| 3. | Menebak alat musik a. Tepat (3) b. Kurang tepat (2) c. Tidak tepat (1) | 5 | |
| 4. | Mengenal 26 huruf a. Mampu (3) b. Kurang mampu (2) c. Tidak mampu (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 4 (3 X 5) = 60
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 10,11,12
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Kegiatan
Standar Kompetensi : Menulis dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin.
Kompetensi Dasar : Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf tegak bersambung.
Indikator : Mampu
- Menulis kalimat secara benar dan tepat mengikuti apa yang didektekan guru.
- Menulis dengan menggunakan huruf sambung.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu :
• Menulis kalimat secara benar dan tepat mengikuti apa yang didektekan guru.
• Menulis dengan menggunakan huruf sambung.
II. Materi Ajar
Huruf tegak bersambung.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Inkuiri
• Latihan dan penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Guru mengkondisikan kelas.
• Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
• Guru mengabsen siswa.
• Guru membuka ingatan siswa tentang cara menulis huruf tegak bersambung pada pembelajaran sebelumnya.
• Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
B. Kegiatan Inti
• Siswa memperkenalkan huruf tegak bersambung.
• Siswa menyalin huruf tegak bersambung dengan bimbingan guru.
• Siswa menyalin kalimat dengan huruf tegak bersambung.
• Siswa menulis kalimat tegak bersambung yang didektekan guru.
• Siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi dalam buku siswa.
• Siswa mempelajari kamus mini.
C. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Bernyanyi bersama.
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam
V. Sumber/Alat/Bahan
• Huruf tegak bersambung.
• Departemen pendidikan nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Menulis kalimat secara benar dan tepat mengikuti apa yang didektekan guru a. Benar (3) b. Kurang benar (2) c. Tidak benar (1) | 5 | |
| 2. | Menulis dengan menggunakan huruf sambung a. Rapi (3) b. Kurang rapi (2) c. Tidak rapi (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 2 (3 X 5) = 30
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 13,14,15
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Lingkungan
Standar Kompetensi : Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng.
Kompetensi Dasar : Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar.
Indikator : Mampu
1. Mendengar dan mengucapka nama banda.
2. Mendengar dan mengucapkan bentukya.
3. Menyebutkan kegunaan benda.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu :
• Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru, sesuai dengan ciri-ciri fisiknya.
• Menentukan atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi yang didengar.
• Mendeskripsikan benda-benda lain sesuai dengan ciri-ciri fisiknya.
II. Materi Ajar
Benda dan namanya.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Latihan dan penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Guru mengkondisikan kelas.
• Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
• Guru mengabsen siswa.
• Guru membuka ingatan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan menghubungkannya dengan pelajaran sekarang.
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang nama-nama benda yang dilihat siswa saat dalam perjalanan menuju sekolah.
• Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
A. Kegiatan Inti
• Siswa menyebutkan nama-nama benda si sekitar.
• Siswa menyebutkan ciri-ciri benda-benda di sekitar (bentuk, warna, kegunaan, dan bahan).
• Siswa menyebutkan warna sesuai warna yang diucapkan.
• Guru menyebutkan nama benda dan kegunaannya.
• Siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi dalam buku siswa.
• Siswa bermain puzzle.
• Siswa bermain teka-teki.
• Guru meminta siswa mengerjakan tugas di rumah.
B. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Bernyanyi bersama.
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V. Sumber/Alat/Bahan
• Benda beserta nama.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Mendengar dan mengucapka nama banda a. Tepat (3) b. Kurang tepat (2) c. Tidak tepat (1) | 5 | |
| 2. | Mendengar dan mengucapkan bentukya a. Tepat (3) b. Kurang tepat (2) c. Tidak tepat (1) | 5 | |
| 3. | Menyebutkan kegunaan benda. a. Tepat (3) b. Kurang tepat (2) c. Tidak tepat (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 3 (3 X 5) = 45
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 16,17,18
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Lingkungan
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana dan dongeng.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
Indikator : Mampu
1. Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri.
2. Bertanya jawab dengan teman tentang gambar tersebut.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu :
• Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri.
• Bertanya jawab dengan teman tentang gambar tersebut.
II. Materi Ajar
Menjelaskan gambar.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Inkuiri
• Latihan dan penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Guru mengkondisikan kelas.
• Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
• Guru mengabsen siswa.
• Guru membuka ingatan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan menghubungkannya dengan pelajaran sekarang.
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang gambar yang ada di dalam buku cerita, majalah, ataupun surat kabar.
• Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
B. Kegiatan Inti
• Guru memberikan contoh gambar yang diambil dari surat kabar, majalah, maupun buku dongeng.
• Siswa memerhatikan contoh gambar.
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi gambar.
• Siswa menebak dan menceritakan isi gambar.
• Siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi dalam buku siswa.
C. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Bernyanyi bersama.
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V. Sumber/Alat/Bahan
• Benda beserta nama.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri a. Runtut (3) b. Kurang runtut (2) c. Tidak runtut (1) | 5 | |
| 2. | Bertanya jawab dengan teman tentang gambar tersebut a. Mampu (3) b. Cukup mampu (2) c .Kurang mampu (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 2 (3 X 5) = 30
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 19,20,21
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Lingkungan
Standar Kompetensi : Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Kompetensi Dasar : Membaca puisi anak yang terdiri atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Indikator : Mampu
1. Melengkapi puisi rumpang.
2. Menanggapi puisi.
3. Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu :
• Membacakan puisi dengan memerhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
II. Materi Ajar
Puisi.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Inkuiri
• Latihan dan penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Guru mengkondisikan kelas.
• Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
• Guru mengabsen siswa.
• Guru membuka ingatan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan menghubungkannya dengan pelajaran sekarang.
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat membaca puisi.
• Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
B. Kegiatan Inti
• Siswa melengkapi puisi rumpang.
• Guru memberi contoh cara berdeklamasi disertai dengan gerakan.
• Siswa menirukan gerak dan suara.
• Siswa menceritakan isi puisi.
• Siswa membacakan puisi.
• Siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi dalam buku siswa.
C. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Bernyanyi bersama.
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V. Sumber/Alat/Bahan
• Puisi.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Melengkapi puisi rumpang. a. Baik (3) b. Cukup baik (2) c. Kurang baik (1) | 5 | |
| 2. | Menanggapi puisi a. Tepat (3) b. Kurang tepat (2) c. Tidak tepat (1) | 5 | |
| 3. | Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat a. Baik (3) b. Kurang baik (2) c. Tidak baik (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 3 (3 X 5) = 45
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 22,23,24
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Lingkungan
Standar Kompetensi : Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin.
Kompetensi Dasar : Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung.
Indikator : Mampu
1. Menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung.
2. Menyalin dan membuat pantun.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu
• Menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung.
• Menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat dibaca orang lain.
II. Materi Ajar
Puisi.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Inkuiri
• Latihan dan penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Guru mengkondisikan kelas.
• Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
• Guru mengabsen siswa.
• Guru membuka ingatan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan menghubungkannya dengan pelajaran sekarang.
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang puisi yang bertemakan lingkungan.
• Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
B. Kegiatan Inti
• Siswa menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung dengan memerhatikan kerapian.
• Siswa menyanyi bersama.
• Guru meminta siswa mengerjakan latihan sesuai dengan instruksi dalam buku siswa.
• Siswa mempelajari pantun.
• Siswa membuat pantun.
• Siswa mempelajari kamus mini.
C. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Bernyanyi bersama.
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam..
V. Sumber/Alat/Bahan
• Puisi.
• Departemen pendidikan nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung. a. Rapi (3) b. Kurang rapi (2) c. Tidak rapi (1) | 5 | |
| 2. | Memahami dan membuat pantun a. Baik (3) b. Kurang baik(2) c. Tidak baik (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 2 (3 X 5) = 30
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 25,26,27
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Kegemaran
Standar Kompetensi : Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng.
Kompetensi Dasar : Menyebutkan isi dongeng.
Indikator : Mampu
1. Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng.
2. Menceritakan kembali dongeng yang didengar dengan kalimat sendiri..
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu
• Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng.
• Menceritakan isi dongeng yang didengar.
II. Materi Ajar
Dongeng.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Inkuiri
• Latihan dan penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Guru mengkondisikan kelas.
• Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
• Guru mengabsen siswa.
• Guru membuka ingatan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan menghubungkannya dengan pelajaran sekarang.
• Guru memberikan apersepsi tentang dongeng yang pernah didengar siswa.
• Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
B. Kegiatan Inti
• Siswa menceritakan dongeng yang pernah didengar.
• Siswa mendengar pembacaan dongeng.
• Siswa mengamati gambar dan menjelaskan gambar.
• Siswa menceritakan kembali dongeng yang didengar.
• Siswa memahami pengertian fabel.
• Siswa menyanyi bersama.
• Guru meminta siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi yang ada pada buku siswa.
C. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V. Sumber/Alat/Bahan
• Puisi.
• Departemen pendidikan nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng. a. Semua benar (3) b. Sebagian besar benar (2) c. Sebagian kecil benar (1) | 5 | |
| 2. | Menceritakan kembali dongeng yang didengar dengan kalimat sendiri a. Runtut (3) b. Kurang runtut (2) c. Tidak runtut (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 2 (3 X 5) = 30
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 28,29,30
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Kegemaran
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana dan dongeng.
Kompetensi Dasar : Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai.
Indikator : Mampu
1. Melakukan percakapan sederhana.
2. Menayakan kegemaran teman.
3. Menanyakan cita-cita teman.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu :
• Melakukan percakapan sederhana sesuai dengan tema (diri sendiri) secara berpasangan dengan bimbingan guru.
• Menyampaikan (di dalam kelompok) hal-hal yang diminati, diinginkan, dan dicita-citakan dengan penuh percaya diri.
II. Materi Ajar
Percakapan.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Inkuiri
• Latihan dan penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Guru mengkondisikan kelas.
• Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
• Guru mengabsen siswa.
• Guru membuka ingatan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan menghubungkannya dengan pelajaran sekarang.
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang cita-cita dan kegemaran siswa.
• Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
B. Kegiatan Inti
• Guru memberi contoh cara bercakap-cakap.
• Siswa bercakap-cakap dengan teman tentang kegemaran dan cita-cita.
• Guru meminta siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi yang ada pada buku siswa.
• Guru memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah.
C. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V. Sumber/Alat/Bahan
• Contoh dialog/percakapan.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Melakukan percakapan sederhana. a. Baik (3) b. Kurang baik (2) c. Tidak baik (1) | 5 | |
| 2. | Melakukan percakapan sederhana a. Baik (3) b. Kurang baik (2) c. Tidak baik (1) | 5 | |
| 3. | Menanyakan cita-cita teman a. Tepat (3) b. Kurang tepat (2) a. Tidak tepat (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 3 (3 X 5) = 45
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 31,32,33
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Kegemaran
Standar Kompetensi : Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Kompetensi Dasar : Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonsi yang tepat.
Indikator : Mampu :
1. Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.
2. Membaca kalimat berita dan perintah dengan benar.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu :
• Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.
• Membaca kalimat berita dan perintah dengan benar.
II. Materi Ajar
Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Inkuiri
• Latihan dan penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Guru mengkondisikan kelas.
• Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
• Guru mengabsen siswa.
• Guru membuka ingatan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan menghubungkannya dengan pelajaran sekarang.
• Guru memberi contoh membaca dengan memerhatikan lafal dan intonasi yang baik.
• Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
B. Kegiatan Inti
• Siswa membaca kalimat berita dan kalimat perintah dengan bimbingan guru.
• Guru meminta siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi yang ada pada buku siswa.
• Siswa membuat kreasi.
C. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V. Sumber/Alat/Bahan
• Bacaan.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat. a. Baik (3) b. Kurang baik (2) c. Tidak baik (1) | 5 | |
| 2. | Membaca kalimat berita dan perintah dengan benar a. Baik (3) b. Kurang baik (2) c. Tidak baik (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 2 (3 X 5) = 30
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 34,35,36
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Kegemaran
Standar Kompetensi : Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin.
Kompetensi Dasar : Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf tegak bersambung.
Indikator : Mampu
- Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung.
- Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar.
- Menulis kalimat yang didektekan guru dengan tulisan sambung.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu
• Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung.
• Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar.
• Menulis kalimat yang didektekan guru dengan tulisan sambung.
II. Materi Ajar
Huruf tegak bersambung.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Inkuiri
• Latihan dan penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Guru mengkondisikan kelas.
• Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
• Guru mengabsen siswa.
• Guru membuka ingatan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan menghubungkannya dengan pelajaran sekarang.
• Guru memerhatikan gambar pada buku siswa.
• Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
B. Kegiatan Inti
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi gambar.
• Siswa menyalin kalimat dengan huruf tegak bersambung.
• Guru menjawab pertanyaan tentang gambar dan menuliskannya jawabannya dengan huruf tegak bersambung.
• Guru meminta siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi yang ada pada buku siswa.
• Siswa mempelajari kamus mini.
C. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V. Sumber/Alat/Bahan
• Huruf tegak bersambung.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung. a. Rapi (3) b. Kurang rapi (2) c. Tidak rapi (1) | 5 | |
| 2. | Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar. a. Semua benar (3) b. Sebagian besar benar (2) c. Sebagian kecil benar (1) | 5 | |
| 3. | Menulis kalimat yang didektekan guru dengan tulisan sambung a. Rapi (3) b. Kurang rapi (2) c. Tidak rapi (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 3 (3 X 5) = 45
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 37,38,39
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Permainan
Standar Kompetensi : Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng.
Kompetensi Dasar : Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar.
Indikator : Mampu
1. Menyebutkan ciri-ciri gajah dengan puisi yang didengar.
2. Mendeskripsikan binatang lain.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu :
• Menentukan nama-nama (benda, binatang, tumbuhan) yang dideskripsikan.
• Menirukan atau mengulang deskripsi (benda, binatang, tumbuhan) sesuai dengan deskripsi yang didengar.
• Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
II. Materi Ajar
Mendeskripsikan binatang.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Inkuiri
• Latihan dan penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Guru mengkondisikan kelas.
• Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
• Guru mengabsen siswa.
• Guru membuka ingatan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan menghubungkannya dengan pelajaran sekarang.
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang nama-nama benda di dalam kelas.
• Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
B. Kegiatan Inti
• Siswa mendengarkan pembacaan puisi tentang gajah.
• Siswa mendeskripsikan gajah berdasarkan puisi yang didengar.
• Guru meminta siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi yang ada pada buku siswa.
• Guru memberi tugas untuk kerjakan di rumah.
• Siswa membuat kreasi.
C. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Bernyanyi bersama
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V. Sumber/Alat/Bahan
• Mendeskripsikan binatang.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Menyebutkan ciri-ciri gajah dengan puisi yang didengar. a. Detail (3) b. Kurang detail (2) c. Tidak detail (1) | 5 | |
| 2. | Mendeskripsikan binatang lain a. Detail (3) b. Kurang detail (2) c. Tidak detail (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 2 (3 X 5) = 30
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 40,41,42
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Permainan
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng.
Kompetensi Dasar : Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana.
Indikator : Mampu
- Mengungkapkan dalam kalimat perasaan suka dan tidak suka.
- Memberi alasan mengapa sesuatu disukai atau tidak disukai.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu
• Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan.
• Memberikan alasan mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak disukai.
II. Materi Ajar
Menyampaikan rasa suka dan tidak suka.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Inkuiri
• Latihan dan penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Guru mengkondisikan kelas.
• Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
• Guru mengabsen siswa.
• Guru membuka ingatan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan menghubungkannya dengan pelajaran sekarang.
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang benda-benda yang disukai dan tidak disukai.
• Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
B. Kegiatan Inti
• Siswa melengkapi kalimat berdasarkan gambar.
• Siswa melengkapi kalimat kalimat dengan kata suka atau tidak suka.
• Guru meminta siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi yang ada pada buku siswa.
• Guru memberi tugas untuk kerjakan di rumah.
• Siswa menyanyi bersama.
C. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V. Sumber/Alat/Bahan
• Menyampaikan rasa suka dan tidak suka.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Mengungkapkan dalam kalimat perasaan suka dan tidak suka. a. Tepat (3) b. Kurang tepat (2) c. Tidak tepat (1) | 5 | |
| 2. | Memberi alasan mengapa sesuatu disukai atau tidak disukai a. Tepat (3) b. Kurang tepat (2) c. Tidak tepat (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 2 (3 X 5) = 30
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 43,44,45
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Permainan
Standar Kompetensi : Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Kompetensi Dasar : Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat.
Indikator : Mampu
- Membaca dengan lafal dan intonasi yang benar.
- Menjawab pertanyaan tentang isi teks yang dibaca.
- Memahami sinonim.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu :
• Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang benar.
• Membaca dengan memerhatikan tempat jeda.
II. Materi Ajar
Membaca nyaring.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Inkuiri
• Latihan dan penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Guru mengkondisikan kelas.
• Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
• Guru mengabsen siswa.
• Guru membuka ingatan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan menghubungkannya dengan pelajaran sekarang.
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang pantai.
• Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
B. Kegiatan Inti
• Guru memberi contoh membaca teks dengan lafal dan intonasi yang baik.
• Siswa membaca lancar teks dengan memerhatikan lafal dan intonasi yang baik.
• Siswa mempelajari sinonim.
• Guru meminta siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi yang ada pada buku siswa.
C. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Bernyanyi bersama
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V. Sumber/Alat/Bahan
• Contoh membaca nyaring.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Membaca dengan lafal dan intonasi yang benar. a. Baik (3) b. Kurang baik (2) c. Tidak baik (1) | 5 | |
| 2. | Menjawab pertanyaan tentang isi teks yang dibaca a. Semua benar (3) b.Sebagian besar benar (2) c.Sebagian kecil benar (1) | 5 | |
| 3. | Memahami sinonim a. Paham (3) b. Kurang paham (2) c. Tidak paham (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 3 (3 X 5) = 45
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 46,47,48
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Permainan
Standar Kompetensi : Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin.
Kompetensi Dasar : Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf tegak bersambung.
Indikator : Mampu
- Menulis kalimat sederhana dan tepat mengikuti apa yang didektekan guru.
- Menulis dengan huruf tegak bersambung.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu :
• Menulis kalimat secara benar dan tepat mengikuti apa yang didektekan guru.
• Menulis dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
II. Materi Ajar
Menulis dengan huruf tegak bersambung.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Inkuiri
• Latihan dan penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Guru mengkondisikan kelas.
• Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
• Guru mengabsen siswa.
• Guru membuka ingatan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan menghubungkannya dengan pelajaran sekarang.
• Guru memberikan apersepsi tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis dengan huruf tegak bersambung.
• Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
B. Kegiatan Inti
• Siswa menyalin kalimat dengan huruf tegak bersambung.
• Siswa menebak gambar, kemudian menuliskan kalimat tentang gambar dengan huruf tegak bersambung.
• Siswa mencari kata dengan kata kunci “mainan”..
• Guru meminta siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi yang ada pada buku siswa.
• Siswa mempelajari kamus mini.
C. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Bernyanyi bersama
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V. Sumber/Alat/Bahan
• Contoh huruf tegak bersambung.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Menulis kalimat sederhana dan tepat mengikuti apa yang didektekan guru. a. Semua benar (3) b. Sebagian besar benar (2) c. Sebagian kecil benar (1) | 5 | |
| 2. | Menulis dengan huruf tegak bersambung a. Rapi (3) b. Kurang rapi (2) c. Tidak rapi (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 2 (3 X 5) = 30
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 49,50,51
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Peristiwa
Standar Kompetensi : Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng.
Kompetensi Dasar : Menyebutkan isi dongeng.
Indikator : Mampu
- Menyebutkan tokoh-tokoh dalam gambar.
- Menyebutkan watak tokoh-tokoh dalam dongeng.
- Menceritakan isi dongeng dengan kalimat sendiri.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu :
• Menyebutkan tokoh-tokoh dongeng.
• Menyebutkan watak tokoh-tokoh tersebut.
• Menceritakan isi dongeng dengan kalimat sendiri.
II. Materi Ajar
Dongeng.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Inkuiri
• Latihan dan penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
§ Guru mengkondisikan kelas.
§ Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
§ Guru mengabsen siswa.
§ Guru membuka ingatan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan menghubungkannya dengan pelajaran sekarang.
§ Guru memberikan apersepsi tentang dongeng yang pernah dipelajari sebelumnya.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
B. Kegiatan Inti
• Siswa mendengarkan pembacaan dongeng.
• Siswa menjawab pertanyaan tentang isi dongeng.
• Siswa menceritakan isi dongeng dengan kalimat sendiri.
• Guru memberi tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah.
• Guru meminta siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi yang ada pada buku siswa.
• Siswa bermain peran.
C. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Bernyanyi bersama
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V. Sumber/Alat/Bahan
• Dongeng.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Menyebutkan tokoh-tokoh dalam gambar. a. Lengkap (3) b. Kurang lengkap (2) c. Tidak lengkap (1) | 5 | |
| 2. | Memahami kalimat majemuk bertingkat a. Paham (3) b. Cukup paham (2) c. Kurang pahan (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 2 (3 X 5) = 30
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 52,53,54
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Peristiwa
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
Indikator : Mampu
- Menjelaskan isi gambar tunggal dan gambar seri.
- Memilih gambar yang sesuai dengan cerita.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu :
• Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri.
• Bertanya jawab dengan teman tentang gambar-gambar tersebut.
II. Materi Ajar
Gambar tunggal dan gambar seri.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Inkuiri
• Latihan dan penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
§ Guru mengkondisikan kelas.
§ Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
§ Guru mengabsen siswa.
§ Guru membuka ingatan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan menghubungkannya dengan pelajaran sekarang.
§ Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi gambar.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
B. Kegiatan Inti
• Siswa menulis kalimat tentang gambar.
• Siswa memilih gambar sesuai isi cerita.
• Guru meminta siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi yang ada pada buku siswa.
• Siswa membuat kreasi.
C. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Bernyanyi bersama
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V. Sumber/Alat/Bahan
• Gambar tunggal dan gambar seri.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Menjelaskan isi gambar tunggal dan gambar seri. a. Tepat (3) b. Kurang tepat (2) c. Tidak tepat (1) | 5 | |
| 2. | Memilih gambar yang sesuai dengan cerita a. Tepat (3) b. Kurang tepat (2) c. Tidak tepat (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 2 (3 X 5) = 30
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 55,56,57
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Peristiwa
Standar Kompetensi : Memahami teks pendek dengan membaca lancer dan membaca puisi anak.
Kompetensi Dasar : Membaca puisi anak yang terdiri atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Indikator : Mampu
1. Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang baik.
2. Menceritakan isi puisi yang dibacakan.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu :
• Membacakan puisi dengan lafal dan intonasi yang baik.
• Menceritakan isi puisi yang dibacakan.
II. Materi Ajar
Contoh puisi.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Inkuiri
• Latihan dan penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
§ Guru mengkondisikan kelas.
§ Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
§ Guru mengabsen siswa.
§ Guru membuka ingatan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan menghubungkannya dengan pelajaran sekarang.
§ Guru dan siswa bertanya jawab tentang peristiwa berkesan yang pernah dialami siswa.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
B. Kegiatan Inti
• Siswa membaca puisi.
• Siswa bertanya jawab tentang membaca puisi yang baik.
• Siswa bertanya jawab tentang isi puisi.
• Satu per satu siswa membacakan puisi.
• Guru meminta siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi yang ada pada buku siswa.
C. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Bernyanyi bersama
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V. Sumber/Alat/Bahan
• Puisi.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang baik. a. Lancar (3) b. Kurang lancar (2) c. Tidak lancar (1) | 5 | |
| 2. | Menceritakan isi puisi yang dibacakan a. Runtut (3) b. Kurang runtut (2) c. Tidak runtut (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 2 (3 X 5) = 30
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
•
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : 58,59,60
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tema : Perintiwa
Standar Kompetensi : Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin.
Kompetensi Dasar : Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung.
Indikator : Mampu menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung dengan rapi.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung yang rapid an dapat dibaca orang lain.
II. Materi Ajar
Menulis dengan huruf tegak bersambung.
III. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab
• Contoh
• Inkuiri
• Latihan dan penugasan
• Diskusi kelompok
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Guru mengkondisikan kelas.
• Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar.
• Guru mengabsen siswa.
• Guru membuka ingatan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan menghubungkannya dengan pelajaran sekarang.
• Siswa menyalin puisi dengan tulisan yang rapi dengan bimbingan guru.
• Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
B. Kegiatan Inti
• Siswa menyusun larik puisi yang disusun secara acak menjadi larik puisi yang baik.
• Siswa memberi judul puisi.
• Guru meminta siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi yang ada pada buku siswa.
• Siswa mempelajari kamus mini.
C. Kegiatan Akhir
• Membuat rangkuman hasil belajar.
• Guru memberi penguatan terhadap hasil tugas siswa.
• Bernyanyi bersama
• Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
• Guru memberikan pekerjaan rumah.
• Guru dan siswa membaca doa selesai belajar.
• Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V. Sumber/Alat/Bahan
• Puisi.
• Mumpuni, Joko. 2008. Bahasa Indonesiak untuk SD dan MI Kelas 1. Jakarta : Piranti.
VI. Penilaian
Bentuk tes: Tertulis dan lisan.
| No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
| 1. | Menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung dengan rapi. a. Rapi (3) b. Kurang rapi (2) c. Tidak rapi (1) | 5 | |
Keterangan :
Skor maksimal 1 (3 X 5) = 15
Skor perolehan = 
Mengetahui, Dilaksanakan, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas,
(____________) (____________)
NIP. ..................... NIP. .....................
apa artinya gambar tunggal mohon jawabannya trims....
BalasHapusTerimakasih .. blog ini sangat membantu saya
BalasHapus